23 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Usai Wukuf di Padang Arofah Jama’ah Haji Kabupaten Kediri Geser ke Muzdalifah

2 min read

Kab.Kediri( Inmas) Seusai melaksanakan kegiatan Wukuf di Padang Arofah,Jamaah Haji Kabupaten Kediri yang tergabung dalam Kloter 11 bergeser menuju Muzdalifah. Dengan menggunakan 5 armada Bus sebanyak 446 Jamaah Haji bergerak menuju Muzdalifah.
Suasana haru dan bercampur bahagia tampak menghiasi wajah para tamu Allah ni,tatkala mereka turun dari bus dan menginjakkan kaki di bumi Muzdalifah .


Abdullah Rosyad Petugas TPIHI kloter 11 melalui sambungan WhatsApp menuturkan, sekitar pk.10.40 waktu setempat para Jamaah Haji tiba di Muzdalifah. Mereka( baca Jamaah Haji) menampakkan semangat haji yang luar biasa yang dimilikinya.
Walaupun sesungguhnya puncak ibadah haji adalah yang di Arofah sesuai yang tertulis dalam Al-Qur’an AL HAJJU NGAROFAH yang artinya haji itu Arofah, tetapi kelanjutan Arofah adalah Mabit di Muzdalifah kemudian geser menuju Mina atau istilah lain adalah Armuzna.


Lebih lanjut beliau menguraikan, pada saat kegiatan di Muzdalifah jamaah haji memang harus mempunyai satu semangat yang kuat,sebab fasilitas yang tersedia di Muzdalifah sangatlah terbatas.Hanya ada karpet dan toilet. Selebihnya adalah hamparan tanah yang sangat luas di bawah lereng gunung,tanpa tenda,kasur dan bantal. Namun justru itulah sebuah tantangan yang harus di jalani oleh Jamaah haji di bumi Muzdalifah untuk melakukan Mabit,katanya.
Mantan Kepala MTsN 2 Kediri ini juga menceritakan kegiatan yang di lakukan oleh para Jamaah haji asal asal kota tahu di bumi Muzdalifah,yakni berdoa dan berdzikir kepada Allah sebagai bentuk manifestasi kepasrahan Hamba kepada Sang PenciptaNYA.
Ia juga menuturkan bahwa, walaupun di bumi Muzdalifah banyak tantangan yang harus di hadapi,namun semangat dan kegigihan para Jamaah haji dalam melakukan rangkaian kegiatan ibadah haji mulai dari Armuzna, Arofah dan Muzdalifah harus di acungi dua jempol, pujinya mengakhiri cerita.( hms/Paulo)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.