20 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kepala Kantor Nara Sumber Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

1 min read

Kab.Kediri(Inmas) Pengurus Forum Komunikasi Madrasah (FKM) Kabupaten Kediri bekerjasama dengan Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari Fraksi PDIP Heri Setyawan, Minggu (22/5) menggelar kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dengan Tema “Peran dan Tanggung Jawab Nadhlatul Ulama dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara”, yang berlangsung di hotel Grand Surya Kota Kediri.

Kegiatan Yang diikuti sebanyak 120 peserta Yang terdiri dari Kepala RA, MI, dan MA se-Kabupaten Kediri ini, menghadirkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Zuhri sebagai Narasumber.

Dalam materinya yang berjudul Moderasi Beragama, Kepala Kantor memaparkan bahwa, Indonesia sebagai negara yang beridologi Pancasila, perlu adanya sikap dan tindakan saling hormat-menghormati dan bekerjasama antar sesama warga negara. Untuk mampu mengimplementasikan toleransi dan saling menghormati, perlu adanya sikap dan cara pandang yang moderat tentang pemahaman agama yang dianutnya, yang lazim disebut Moderasi Beragama, yang merupakan salah satu program unggulan Kementerian Agama ujarnya.

Dikatakannya bahwa, terjadi pemahaman yang keliru di masyarakat, seolah-olah yang di Moderasi adalah agama. Pada hal itu salah kaprah, terangnya.

Untuk itu saya berharap bapak ibu dapat menjadi agen-agen moderasi beragama yang bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat.

Menurut Orang nomor satu di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri ini, sesungguhnya moderasi beragama sejak dahulu telah dilaksanakan di kalangan masyarakat. Seperti tradisi bersih-bersih Desa, Selamatan dan Tahlilan yang di lakukan maayarakat Jawa. Kegiatan ini tidak hanya melibatkan masyarakat dari satu golongan atau keyakinan tertentu saja, melainkan melibatkan juga mereka yang berbeda agama dan keyakinan, katanya.(Paulo)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.