Sebanyak 449 Jamaah Haji Telah Lakukan Konfirmasi Pelunasan Pada Hari Keempat

Kab. Kediri (Inmas) Memasuki hari keempat pelaksanaan konfirmasi pelunasan dan pelunasan ulang Jamaah Haji yang berhak berangkat tahun 2022, di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri tercatat sebanyak 449 Jamaah haji telah melakukan konfirmasi pelunasan. Demikian keterangan yang disampaikan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Abd. Kholiq Nawawi, di ruang kerjanya pada hari Kamis (12/5).

Kepada Humas Kholiq menerangkan bahwa, sejak di bukanya kesempatan konfirmasi pelunasan dan pelunasan tunda berhak berangkat tahun 2022 pada tanggal 9 Mei 2022, ruang seksi PHU selalu diramaikan dengan Jamaah Haji yang melakukan konfirmasi pelunasan maupun konfirmasi pelunasan ulang, ujarnya. Untuk itu dirinya optimis, sebelum batas waktu Konfirmasi pelunasan tanggal 20 Mei 2022, kouta 521 Jamaah Haji Kabupaten Kediri akan terpenuhi.

Walaupun antusiasme Jamaah Haji yang berhak berangkat sangat tinggi dalam melakukan konfirmasi pelunasan, namun ayah 4 orang putra ini tetap mengimbau kepada para jamaah haji yang belum lakukan konfirmasi, untuk segera melakukan konfirmasi pelunasan di Bank Penerima Setoran awal (BPS).  Begitu juga kepada Jamaah Haji yang telah melakukan pelunasan bipih tahun 2020, namun diambil kembali, Ia meminta untuk segera mendatangi BPS guna melakukan konfirmasi pelunasan ulang sebelum batas waktu berakhir,harapnya.

Ia menambahkan, jamaah haji yang hendak melakukan konfirmasi pelunasan maupun pelunasan ulang di BPS, wajib menunjukkan bukti setoran lunas tahun 2020 atau BPIH awal serta membawa KTP asli, tuturnya.

Apabila Jamaah Haji telah melakukan konfirmasi pelunasan di BPS,maka hendaknya bukti lembaran konfirmasi pelunasan di serahkan kepada pihak Seksi PHU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri. Waktu penyerahan bukti konfirmasi dari tanggal 9 Mei sampai dengan 20 Mei 2022, imbuhnya.

Selain Jamaah Haji yang berhak berangkat, pria berkacamata ini juga menjelaskan, kesempatan konfirmasi pelunasan juga di berikan kepada 123  Jamaah Haji cadangan yang berhak berangkat tahun 2022. Waktu melakukan Konfirmasi pelunasanpun sama, yakni mulai tanggal 9 Mei sampai dengan 20 Mei 2022, terangnya. Hingga berita ini diturunkan, sebanyak 63 jamaah haji cadangan yang berhak berangkat,yang telah melakukan konfirmasi pelunasan  mencapai 63 orang.

Ketika di tanya, terkait peluang berangkat ke tanah suci bagi  Jamaah haji cadangan yang telah melakukan konfirmasi pelunasan, pria asal pacitan ini mengatakan dengan bijak ” Jika Allah SWT mentakdirkan, maka semua bisa terjadi.Yang penting lakukan konfirmasi pelunasan dulu” ujarnya.

Masih menyangkut Jamaah haji cadangan, pejabat yang juga mubaligh ini menerangkan, saat melakukan konfirmasi pelunasan, jamaah haji cadangan  wajib membuat surat pernyataan di atas meterai yang isinya mengatakan “siap berangkat dan siap tidak berangkat”, urainya.

Untuk di ketahui, apabila dalam tengang waktu tanggal 9 Mei sampai tanggal 20 Mei 2022, para jamaah haji reguler belum melakukan konfirmasi pelunasan maupun pelunasan ulang, maka dianggap tunda berangkat.(Paulo)