Wakil Bupati Kediri, Irup Peringatan HAB ke-76 Kementerian Agama

Kab. Kediri (Inmas) Wakil Bupati Kediri Dewi Maria Ulfa, menjadi Inspektur Upacara  pada upacara bendera peringatan hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI yang ke 76, yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri. Upacara berlangsung di lahan yang akan dibangun gedung MTsN 9 Kediri, di Desa Wonorejo Kecamatan Wates Kabupaten Kediri.

Tepat pukul 08.30 wib upacara di mulai. Wakil Bupati Kediri didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Zuhri langsung menuju mimbar  kehormatan. Bertidndak sebagai Komandan upacara Agung Prasetyo dari MTsN 9 Kediri.  Petugas pengibar Bendera dipercayakan kepada siswa-siswi MAN 3 Kediri, yang merupakan petuagas Paskibraka Jawa Timur tahun 2021. Sedangkan Tim paduan uara adalah guru dan tenaga kependidikan MTsN 5 Kediri.

Hadir dan mendaji tamu kehormatan pada upacara HAB ke 76 kali ini, Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dody Purwanto. Selain itu,  hadir pula seluruh pejabat eselon  4 dilingkungan Kantor  Kementerian Agama Kabupaten Kediri, Tripika Kecamatan Wates Kabupaten kediri dan Pengurus DWP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.

Menteri Agama dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Kediri , meminta agar  warga Kementerian Agama di seluruh Indonesia, penuh syukur dan suka cita memperingati  HAB Kementerian Agama yang ke 76. Sebab, sejak dibentuk pada tanggal 3 Januari  1946 hingga hari ini, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintahn yang berperan penting dan strategis  dalam meningkatkan pemahaman dan  pengamalan ajaran agama, serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua. Kementerian Agama juga telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarkat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indionesia untuk tetap dalam jalurnya.

Dari perspektif tata kelola keuangan, Kementerian Agama juga mampu mempertahankan prestasinya dengan kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2020. Capaian ini merupakan prestasi yang telah diraih Kementerian Agama selama lima tahun berturut-turut, ujarnya.

Untuk diketahui, upacara bendera peringatan HAB ke 76 Kementerian Agama , yang dselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri , berlangsung secara sederhan. Hal ini disebabkan adanya  pandemi covid 19 yang masih mengancam, sehingga  dituntut untuk tetap memperlakukan protokol kesehatan .Biasanya setiap peringatan HAB Kementerian Agama, seluruh Madrasah Negeri menurunkan hampir seluruh anggotanya megikuti upacara bendera. Kali ini dari 17 Madrasah Negeri di Kabupaten Kediri, masing-masing hanya mengrimkan 12 orang.  Sedangkan untuk Atap pamenag mengrimkan 25 peserta, 26 KUA mengirimakn masing-masing 1 peserta, Pokjaluh dan pokjawas masing-masing 10 peserta.

Seusai upacara, wakil Bupati Kediri bersama Ketua DPRD Kabuapeten Kediri dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, menyerahkan piagam dan uang pembinaan kepada siswa  Madrasah berprestasi internasional, serta melepaskan burung merpati dan balon ke udara, sebagai tanda peringatan HAB ke 76 Kementerian Agama.(Paulo)