Kankemenag Kab. Kediri Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Kab. Kediri (Inmas)  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, Jumat (1/10) menggelar upacara peringatan hari  kesaktian Pancasila. Kegiatan di gelar di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri. Karena masih dalam suasana pandemi, upacara dilaksanakan secara sederhana dengan peserta yang sangat terbatas. Namun demikian, upacara berjalan  penuh khidmat  lancar dan meriah. Seluruh peserta yang hadir, diwajibkan menerapkan protokol  kesehatan dengan ketat, yakni wajib memakai masker dan menjaga jarak.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Zuhri. Sedangkan Komandan upacara dipercayakan kepada Radi, jabatan pelaksana(japel) Bimas Hindu Kankemenag Kab. Kediri.

     

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi Nadiem Anwar Makarim, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Kantor mengatakan, Kita mengenal Pancasila sebagai ideologi negara kita, ideologi  bangsa kita. Kita juga mengenal Pancasila  sebagai akar yang menyambung masa lalu dan masa depan kita . Di masa Pandemi seperti sekarang ini, mungkin sulit membayangkan sisi positif dari bencana yang melanda. Karena pandemi ini, kita secara bersamaan mengalami krisis kesehatan, krisis ekonomi, dan krisis pembelajaran. Tetapi disaat sulit seperti ini, sila-sila Pancasila justru mendarah daging di masyarakat kita. Kalau kita melihat sekeliling kita dengan peka, kita bisa melihat begitu banyak pahlawan Pancasila yang menyalakan lilin-lilin kemanusiaan, dilingkungan masing-masing, ujarnya.

    

Seusai membacakan sambutan Mendikbudristek, Kepala Kantor menambahkan, walaupun masih dalam suasana pandemi, namun beliau mengambil kebijakan untuk menggelar upacara hari kesaktian Pancasila secara terbatas. Hal ini dimaksudkan , mengajak seluruh ASN dan non ASN dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabuapetn Kediri, untuk mengingat perjalanan sejarah bagaimana bangsa Indonesia mempertahanakan Ideologi negara. Bahwa ada perjuangan panjang yang harus terus diingat oleh setiap generasi,  termasuk keluarga besar  Kankemenag Kabupaten Kediri, dan menjadi cermin dalam menjalani tugas dan tanggung jawab kita sebagai Abdi negara dan pelayan masyaraka, ujarnya. Sebelum mengakhiri amanat, beliau mengingatkan seluruh ASN dan non ASN dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, untuk selalu mawas diri terhadap pengaruh ideologi-ideologi yang  bertentangan dengan idologi Pancasila, dan siap berada di garda terdepan  melawan segala upaya atau gerakan yang ingin menggantikan ideologi Pancasila, imbuhnya penuh semangat.(Paulo)