Kabid Pendma Lounching MA Plus Ketrampilan di MAN 3 Kediri

Kab. Kediri (Inmas) Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah (Pendma) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur M. Syamsuri, Selasa (13/10) melounching MA Plus Ketrampilan serta memberikan pembinaan kepada Kepala dan Guru dari enam lembaga MA dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Kediri. Adapun enam lembaga MA itu antara lain, MAN 1 Kediri, MAN 2 Kediri, MAN 3 Kediri, MAN 4 Kediri, MAN 5 Kediri dan MA Jabal Nur Wates Kediri.  Hadir dalam acara ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kediri Zuhri, Kasi Pendma Enim Hartono, Muspika Kecamatan Kandangan, Kepala Madrasah Negeri di lingkungan Kankemenag Kab. Kediri serta tamu undangan lainnya.

Dalam pembinaannya Kabid mengatakan, untuk membentuk generasi yang kuat dan tangguh, perlu  di bekali dengan ilmu pengetahuan dan ketrampilan. Namun unsur utama dalam pembangunan manusia adalah pembentukan karakter, ujarnya. Pendidikan karakter di mulai dari keluarga sebagai lembaga pertama dan utama dalam pembentukan karakter anak. Untuk itu, Ia berharap agar di musim pandemic covid 19 ini, di manfaatkan keluarga dengan sebaik-baiknya untuk memberikan pendidikan serta suri tauladan yang baik kepada putra-putrinya sesuai dentan tuntunan ajaran Agama Islam, lanjutnya. Ia menambahkan, Madrasah sebagai lembaga Pendidikan formal yang berciri kahs Islam, sangat relevan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat, yakni ingin generasi muda yang berdaya saing global dan berakhlak mulia. Oleha karena itu, Ia sangat mengapresiasi langkah inovasi yang di lakukan oleh Kepala MA Kabupaten Kediri dengan mengahdirkan pendidikan ketrampilan di lembaganya.

Sebelumnya, Kasi Penda dalam laporannya mengatakan, MA Plus Ketrampilan merupakan rekayasa kurikulum yang bertujuan menggali potensi siswa-siswi Madrasah serta membekali mereka dengan ketrampilan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga bilamana mereka tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan tinggi, maka mereka sudah siap untuk berkarya di masyarkat, ujarnya. Senada dengan Kasi Pendma, Kepala Kantor dalam sambutnnya mengatakan bahwa, Madrasah vokasi merupakan salah satu progam Kementerian Agama untuk memberikan ketrampilan kepada peserta didik, sehingga apabila mereka tidak melanjutkan pendidikanke jenjang Perguruan Tinggi, maka mereka sudah siap untuk memasuki  bursa kerja dengan segala dinamika dan persaingannya,ujarnya.

Perlu di ketahui, sebelum melounching dan memberikan pembinaan, Kabid di damping Kepala Kantor dan Kasi Pendma, meninjau lokasi Mahad MAN 3 Kediri yang sedang dalam proses pembangunan, serta meninjau demo ketrampilan seperti membuat kue, menyulam, membordir serta beberapa kegiatan ketramplan lainnya yang di peragakan oleh siswa-siswi MA Kabupaten Kediri.(Paulo)